Pasar Tanah Abang Bersaing Sempurna?

Dalam teori ekonomi, persaingan sempurna menggambarkan bahwa pasar tersebut tidak ada peserta yang cukup besar untuk memiliki kekuatan pasar untuk menentukan harga produk yang homogen. Karena syarat syarat  persaingan sempurna sangat susah terpenuhi, sangat jarang ada pasar yang memenuhi persyaratan yang kita sebut ‘persaingan sempurna’. Namun, pembeli dan penjual di beberapa pasar tipe lelang, mengatakan untuk komoditas atau aset keuangan, mungkin mendekati konsep ini. Persaingan sempurna berfungsi sebagai tolak ukur untuk mengukur kehidupan nyata dan pasaryang  tidak berkompetitif  secara sempurna.

Secara umum, pasar persaingan sempurna terjadi ketika setiap peserta adalah “price taker”, dan tidak ada yang bisa  mempengaruhi harga produk itu baik untuk membeli ataupun menjual. Karakteristik khusus Persaingan Sempurna dapat meliputi:

* Infinite Buyers/infinite sellers – Infinite konsumen dengan kemauan dan kemampuan untuk membeli produk pada harga tertentu, Infinite produsen dengan kemauan dan kemampuan untuk memasok produk dengan harga tertentu.
* Zero Entry/exit barriers  – Hal ini relatif mudah untuk masuk atau keluar sebagai sebuah bisnis dalam pasar persaingan sempurna.
* Perfect Factor Mobility – Dalam jangka panjang faktor produksi yang berubah-rubah memungkinkan bebas jangka panjang penyesuaian terhadap perubahan kondisi pasar.
* Perfect Information – Harga dan kualitas produk diasumsikan diketahui semua konsumen dan produsen.
* Zero Transaction cost – Pembeli dan penjual tidak dikenakan biaya dalam membuat sebuah transaksi ( mobilitas Sempurna).
*Profit Maximation  – Perusahaan bertujuan untuk menjual dimana biaya marjinal bertemu penerimaan marjinal, di mana mereka menghasilkan keuntungan yang paling.
* Homogeneous Products – Karakteristik dari setiap pasar barang atau jasa yang diberikan tidak berbeda-beda di pemasok.
* Constant Returns to Scale –  skala memastikan bahwa ada cukup pemain di industri yang sama ini.

Pada pasar yang bersaing sempurna, jika pedagang tidak memberikan harga atau pelayananan yang memuaskan, pembeli akan pindah ke penjual yang lain.

Contoh dari pasar yang mendekati persaingan sempurna adalah pasar Tanah Abang. Di sini berbagai pedagang fashion, busana muslim, kaos-kaos, kain, pakaian anak, dll yang jumlah sangat banyak dan tidak mudah dihitung. Di samping itu juga jumlah pembeli yang tidak kalah banyaknya. Mereka akan menawar dari satu toko ke toko yang lain untuk mendapatkan produk dengan harga dan kualitas terbaik di samping juga yang paling bagus dan trendy.

Walaupun sudah memenuhi beberapa kriteria untuk disebut bersaing sempurna, namun masih belum memenuhi semua syarat-syaratnya. Karena memang dalam dunia nyata pasar yang bersaing sempurna akan susah ditemukan. Produk-produk yang ditawarkan memang mirip-mirip, tetapi belum homogen.

Istilah yang lebih tepat untuk menggambarkan kondisi pasar Tanah-abang adalah pasar yang bersaing secara monopolistik. Pembeli dan penjual sama-sama banyak, tetapi produk yang diperdagangkan tidak semuanya homogen, terdapat perbedaan. Pembeli dan penjual sama-sama mempunyai informasi yang cukup luas tentang kondisi pasar tetapi belum sempurna.

Pembeli memang mengetahui standar harga, tetapi yang diketahuinya masih belum sempurna. Karena setiap waktu muncul produk-produk baru yang standar harganya tidak diketahui. Masuk dan keluarnya dari industri ini juga tidak begitu mudah dan bebas, sebab untuk menjadi pedagang di sana memerlukan investasi yang cukup mahal.

Walaupun demikian, model Pasar Tanah Abang adalah yang paling mendekati struktur pasar yang bersaing sempurna. Oleh sebah itu belanja di Pasar Tanah Abang terkenal paling murah, yang artinya mencerminkan pasar yang efisien. Di pasar Tanah Abang inilah dapat kita lihat bagaimana para pedagang kecil bersaing secara sehat di antara mereka ataupun dengan pedagang yang sudah mapan.

Sources : Wikipedia dan Buku ‘Kiat Sukses Berwirausaha’ oleh Sutrisno Iwantono

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: