Siklus Barang Pasar Tanah Abang

Hari raya Idul Fitri 1431H di tahun 2010 ini tinggal beberapa hari lagi. Tahun ini Pasar Tanah Abang kelihatannya sangat ramai dikunjungi pembeli baik dari daerah maupun dari sekitar Jabodetabek. Orang-orang akan beranggapan bahwa semua jenis barang yang ditawarkan oleh toko-toko di sana itu pasti laku di hari-hari menjelang Lebaran ini. Yang tidak diketahui orang adalah hanya produk-produk tertentu saja yang ramai dicari pembeli pada saat-saat seperti ini.

Sebenarnya setiap produk ada siklus atau musimnya, di mana di saat-saat tertentu sangat dibutuhkan orang, dan di saat lain tidak ada pembeli yang cari. Di sini penulis akan mencoba memberikan analisa beberapa produk beserta siklus produk tersebut.

Busana Muslim
Yang termasuk kategori busana muslim ini antara lain : gamis, mukena, jilbab, baju koko, atau fashion-fashion lain yang berlengan panjang. Untuk produk ini semua orang juga tahu bahwa peak seasonnya terjadi menjelang lebaran, setelah lebaran permintaan akan menurun dan setelah Idul Adha/ Lebaran Haji, peminat produk ini akan menurun drastis.

Fashion Bahan Non-Kaos
Yang termasuk ini adalah fashion-fashion atasan, blus, dress, kemeja ataupun jump suit yang terbuat dari bahan-bahan katun, sifon dan bahan lain non-kaos baik polos maupun berprinting. Siklus ramainya identik dengan Busana Muslim. Mendekati Lebaran produk-produk ini direbuti pembeli-pembeli sehingga menyebabkan supplier tidak keburu memproduksinya. Ini disebabkan karena memang produk jenis ini atau busana muslim di atas agak sulit diproduksi karena model yang lebih complicated dan memerlukan pengerjaan yang lebih mendetail, apalagi kalau memerlukan penambahan asesoris yang rumit, sehingga produksi barang-barang tersebut akan sangat lambat. Karena permintaan atau demand pasar yang besar dan produksi/supply yang lambat, menyebabkan produk-produk jenis ini selalu direbuti oleh pembeli-pembeli pada waktu peak season tersebut.

Fashion bahan kaos
Yang  termasuk kategori ini adalah pakaian-pakaian yang terbuat dari kaos-kaos, seperti combed, spandex, TC, rib dsb, baik corak maupun polos. Model-model kategori ini termasuk fashion atasan baik yang sederhana seperti tshirt, kaos oblong sampai fashion-fashion dress. Produk seperti ini agak stabil sepanjang tahun, dan tidak ada perubahan permintaan yang significant menjelang lebaran. Produksinyapun cukup mudah sehingga supply atau produksi akan dengan mudah memenuhi permintaan pasar apabila dibutuhkan.

Baju tidur/celana dalam/bra
Barang jenis ini musimnya adalah kebalikan dari busana muslim. Peak seasonnya justru terjadi setelah Lebaran, dan menjelang Lebaran permintaan pasar akan barang ini sangat minim.

Celana Jeans/Katun
Biasanya permintaan pasar akan celana jeans/katun akan meningkat menjelang lebaran. Dan produksi barang jenis ini termasuk yang sangat lambat, terutama karena adanya penambahan pengerjaan untuk cucian Jeans.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: