Belanja Untuk Lebaran

“Pasar Regional Tanah Abang bak lautan manusia” demikian berita Kompas 4 September 2010.

Lebaran kurang dari seminggu lagi, dan pasar pasar pakaian terutama Pasar Tanah-abang dibanjiri pembeli dari berbagai daerah terutama dari sekitar Jakarta. Pembeli-pembeli ini kebanyakan adalah pembeli eceran, karena yang membeli grosir sudah mulai mengurangi pembelian karena expedisi yang sudah tutup dan stok barang mereka sudah cukup.

Mengapa menjelang Lebaran ini baju-baju dan pakaian diperebutkan para pembeli?

Belanja untuk lebaran adalah merupakan tradisi dalam keluarga, karena anggapan orang-orang berlebaran itu identik dengan pakaian baru dan sepatu baru. Hal inilah yang kemudian menciptakan siklus musiman dimana jelang lebaran, pusat perbelanjaan mulai diserbu warga. Keramaian jelang Lebaran ini juga terjadi di Pasar Tanah Abang.

Begitu banyaknya pengunjung, sehingga pengunjung di Pasar Tanah Abang Blok A yang begitu luas masih harus berdesak-desakan. Para pengunjung dari sekitar Jabodetabek biasa menjelang lebaran selalu menyisihkan sebagian penghasilannya untuk berbelanja pakaian untuk sanak keluarga.

Sebagian besar pengunjung pasar Tanah-abang adalah dari kalangan menengah ke bawah, sedangkan yang menengah ke atas biasanya belanja di mal-mal.

Memang lebaran merupakan momen penting untuk kita semua, dan kita selalu menyiapkan segala hal untuk itu. Tetapi kita jangan lupa juga bahwa masih banyak yang memerlukan uluran tangan kita.

“Makna Idul Fitri sejatinya tidak dilihat dari seberapa bersih dan seberapa mahal baju yang kita pakai. Tapi lebih dari itu, makna Idul Fitri sebaiknya dimaknai sebagai makna kebersamaan dan saling berbagi kepada yang membutuhkan”
demikian ditulis  Sabrina Asril di http://m.kompas.com/news/read/data/2010.08.31.18143224

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: