Blackberry revisited

sumber : detik.com

Blackberry lagi! ya Blackberry bikin heboh lagi. Peluncuran perdana Blackberry Bellagio di Pacific Place berbuntut ricuh dan jatuh korban. Gejala apa ini?

Selama ini yang menjadi sorotan media massa di Indonesia adalah faktor konsumerisme yang intensif dan ketidak-tertiban masyarakat Indonesia dalam mengantre. Dan selalu diberitakan bahwa BB ini sebenarnya sudah mulai tidak begitu laku di negara asalnya sehingga mereka mencari pasar baru di Indonesia, dan mereka sukses dalam hal ini. Serta diberitakan bahwa BB ini di Indonesia hanya dipakai untuk gaya-gayaan, chatting, dan connect dengan teman-teman bukan untuk bisnis sebagaimana alat ini dipergunakan di USA, Canada, atau Eropa. Benarkah begitu?

Penggunaann BB untuk bisnis yang sangat berbeda dari peruntukan awalnya tengah mewabah di Indonesia, terutama di Jakarta. Smartphone ini telah menjadi alat pembantu utama dalam pemasaran para toko-toko grosir dan retail, baik di Tanah-abang, Mangga dua, Cempaka Mas, maupun pusat-pusat pertokoan lain. Dengan BB ini toko-toko tersebut bisa menjangkau langganan mereka, walaupun langganan tsb berada di daerah yang jauh dari Jakarta. Dan juga dengan BB ini langganan tidak perlu harus datang ke Jakarta untuk mengetahui adanya produk-produk baru, serta bisa langsung order melalui alat ini, dan tinggal tunggu orderannya sampai di tempatnya.

Apakah BB ini bisa merupakan ancaman untuk toko-toko online yang berbasis internet?

BB dan Internet sangatlah berbeda. Jangkauan BB sangat terbatas, hanya untuk orang-orang yang sudah ada dalam ‘contact’ dan pembuatan group di BBM juga masih sangat limited, tidak bisa dalam jumlah besar. Dan apabila jumlah member dalam group sudah di atas 30, jalannya BB juga sudah mulai sering ‘hang’.

Lain dengan BB, internet jangkauannya tidak terbatas dan medianya jauh lebih stabil. Dengan demikian saya rasa BB bukanlah merupakan ancaman untuk bisnis online. BB hanyalah merupakan perpanjangan tangan dari toko offline saja.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: