Tanah Abang Surganya Berbelanja

Jika kita mendengar kata “Tanah Abang maka pikiran kita langsung membanyangkan tentang pusat grosir terbesar di Indonesia bahkan Di asia Tenggara. Apakah yang terkenal di Sana? Tentu saja adalah baju-baju, aksesoris, tas, dan segala macam fashion tersedia disana. Untuk baju yang diperjual belikan di tanah abang adalah baju dengan model terkini dan berasal dari berbagai daerah. Contohnya saja pakaian yang berasal dari Jawa itu bisa dengan mudah anda temui di tanah abang. Berbagai pakaian khas dari daerah di Indonesia juga bisa anda temui di tanah abang dengan harga yang relative murah. Jadi, jika anda ingin membeli pakaian khas dari kota tertentu anda tidak perlu mengunjungi langsung daerah tersebut namun anda bisa membelinya di tanah abang.

Pada awalnya tanah abang merupakan pusat tekstil terbesar di Indonesia di tahun 1930, namun lambat laun semua berubah, para pedagang disana mulai berjualan pakaian pada tahun 1980 dan akhirnya dengan sendirinya berubah fungsi menjadi pusat grosir pakaian dan fashion terbesar sampai saat ini. Sealin di Indonesia, Tanah Abang juga terkenal di negara tetangga yaitu Malaysia. Maka dari itu tidak heran jika kita melihat banyak orang Malaysia berbelanja di sana. Orang Malaysia biasanya sering membeli pakaian muslim, karena Pasar Tanah Abang terkenal dengan busana muslim yang berkualitas bagus.

Produk-produk yang dijual di Tanah Abang merupakan produk asli buatan Indonesia. Namun dengan membanjirnya produk impor seperti Cina dan India di Indonesia, memaksa para pedagang untuk menjual produk import tersebut karena faktor tren masa kini. Sampai saat ini di Pasar Tanah Abang sebanyak 45% merupakan produk impor. Namun dengan adanya persaingan seperti itu tidak membuat Pasar Tanah Abang menjadi menjual produk impor, malah tetap menjadi pemasok utama pakaian jadi di Indonesia.

Tidak hanya produk pakaian jadi yang di jual disana, melainkan bahan untuk membuat pakaian pun dijual disana. Oleh sebab itu banyak desainer-desainer berbelanja di Tanah Abang. Omset Tanah abang bisa mencapai 100-200 miliayar dalam satu hari, hal ini merupakan suatu perputaran uang yang sangat luar biasa. Dan tidak heran jika para perancang busana mulai merambah Pasar Tanah Abang untuk memperkaya fashion Tanah Abang. Oleh sebab itu pakaian-pakaian di sana tidak kampungan dan selalu mengikuti fashion masa kini.

Mengingat mayoritas masyarakat Indonesia beragama muslim, maka saat ini produk andalan Pasar Tanah Abang adalah busana muslim. Namun dengan jahitan dari tangan dingin Para desainer ternama, busana muslim disana selalu mengikuti tren busana dan tampak moderen, menjadi lebih menarik dan diminati masyarakat. Bahkan ada artis pun yang berbelanja ke Tanah Abang seperti Ayu Ting-Ting.

Menjelang bulan ramadhan pasar Tanah Abang selalu ramai dikunjungi ribuan pembeli dari berbagai kota, mereka berfikir harga disana jauh lebih murah karena mereka menggunakan harga grosir untuk pembelian eceran. Walaupun murah, tapi barang yang dijual tidak murahan, oleh sebab itu ribuan pengunjung selalu mendatangi pasar tersebut, baik dari Indonesia maupun luar negeri. Pasar Tanah Abang dan kembarannya Pasar Senen kini berkembang pesat, saling menyaingi. Khusus di Tanah Abang, akibat pesatnya perkembangan pasar ke daerah-daerah sekitar membuat harga tanah di sini menjadi sangat mahal. Konon, saat ini kios di Pasar Tanah Abang harganya bisa menyaingi pusat saham Wall Street di New York, Amerika Serikat.

%d bloggers like this: